Tuesday 12 May 2015

Honda Donasikan Mobil City CNG Ke BPPT

Honda donasikan mobil City CNG ke BPPT. Harga minyak dunia yang tidak stabil dipasaran dunia dan juga semakin menipisnya cadangan minyak di bumi membuat para produsen mobil berlomba-lomba untuk menciptakan mobil ramah lingkungan dan berbahan bakar yang terbarukan. Salah satunya adalah pabrikan Honda yang memproduksi mobil City Compressed Natural Gas (CNG). Honda City CNG mengkombinasikan efisiensi bahan bakar dan emisi gas kendaraan yang ramah lingkungan. Pabrikan Honda mengambil langkah penting dalam melakukan terobosan teknologi otomotif yang terbarukan dengan menggunakan komponen Metana sebagai komponen utamanya sekitar 70-90%. Komponen jenis Metana ini digadang-gadang sangat cocok sebagai komponen mobil dimasa yang akan datang. Honda City CNG pertama kali diperkenalkan di Thailand pada tahun 2012 yang lalu, dengan menggabungkan konsep pengembangan New Value Compressed Natural Gas (CNG) dan Exceed proud sedan.

Pada bulan februari yang lalu Pabrikan Honda mendonasikan satu unit mobil City CNG kepada Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT). Honda City CNG ini akan dipergunakan sebagai bahan penelitian oleh BPPT untuk mengembangkan teknologi otomotif yang ramah lingkungan dan menggunakan bahan bakar terbarukan, khususnya bahan bakar jenis gas yang banyak tersedia di Indonesia. Donasi mobil tersebut sebagai wujud nyata kepedulian dan komitmen Honda untuk selalu aktif menjaga, merawat, menciptakan lingkungan hidup yang ramah lingkungan dan mencegah pemanasan global. demikian kata Tomoki Uchida, President Director PT. Honda Prospek Motor Indonesia di kantor BPPT. Hal ini sesuai dengan progam yang dicanangkan pemerintah Indonesia Low Carbon Emission Program (LCEP). Dalam acara penyerahan donasi secara simbolis tersebut Mentri Riset dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir berpesan agar pada tahun 2015 ini kajian-kajian tentang Honda City CNG yang ramah lingkungan dapat terselesaikan dengan baik dan memberikan manfaat nyata dikemudian hari.

Honda City CNG menggunakan mesin 1500cc iVitec SHOC 4 silinder dan mempunyai dua sumber bahan bakar, yaitu bahan bakar premium (bensin) dan bahan bakar Compressed Natural Gas (CNG). Dengan menggunakan bahan bakar bensin Honda City CNG dapat menghasilkan tenaga maksimal 120ps, torsi maksimal 12,9kgm pada putaran mesin 6600rpm. Sementara itu bila menggunakan bahan bakar CNG dapat menghasilkan tenaga maksimal 102ps, torsi maksimal 12,9kgm, pada putaran mesin 4800rpm. Honda City CNG dilengkapi dengan tangki gas berukuran 42 liter yang terdapat pada bagasi mobil. Honda City CNG juga mendapatkan tambahan fitur perangkat berupa CNG Injector, CNG Swich, ECU, Preasure regulator, Lid untuk bahan bakar gas dan Lid EVA untuk bahan bakar bensin.

No comments:

Post a Comment