Monday 11 May 2015

Empat Langkah Jitu Sebelum Kredit Mobil

Empat langkah jitu sebelum kredit mobil. Akhir-akhir ini kepemilikan sebuah mobil bukan merupakan sekedar gaya hidup (prestige) melainkan sudah menjadi semacam kebutuhan dalam menunjang aktifitas sehari-hari. Tapi sayangnya harga mobil di Indonesia masih tergolong tinggi, maka banyak produsen mobil yang menawarkan pembelian dengan cara kredit. Tujuanya adalah tidak hanya segelintir orang yang dapat memiliki kendaraan mewah ini, tetapi juga memberikan kesempatan yang sama bagi masyarakat berpenghasilan terbatas untuk memilikinya dengan cara mengangsur secara bertahap, dengan jangka waktu tertentu dan telah disesuaikan dengan pendapatan atau penghasilanya sehingga tidak memberatkan konsumen dikemudian hari. 
Pembelian mobil dengan cara kredit juga dapat meringankan bagi para pelaku usaha. Karena ia mendapatkan manfaat dari pembelian mobil tersebut untuk menjalankan usahanya ataupun untuk menambah, memperbesar usaha yang tengah dirintisnya dengan biaya lebih ekonomis dan efisien. Apalagi dewasa ini banyak kalangan perbankan yang menawarkan kredit kepemilikan mobil dengan kredit bunga murah dan iming-iming yang menggiurkan, terkadang hal semacam ini justru membingungkan bagi konsumen. Oleh karena itu kita sebagai konsumen dituntut untuk selektif dan hati-hati memilih jenis mobil sesuai dengan kebutuhan kita. Jangan sampai kemudahan-kemudahan dan bunga rendah yang ditawarkan pihak perbankan mengganggu kestabilan finansial kita. Untuk mencegah hal itu, setidaknya ada beberapa langkah penting yang patut kita pertimbangkan dalam menentukan kredit mobil.

Mempelajari dan pahami penyedia kredit
Di Indonesia saat ini ada dua lembaga keuangan yang melayani mkredit mobil bagi masyarakat luas, perbankan dan agen pembiayaan (Payment agent). Selama ini pihak perbankan terkesan hati-hati dalam mengucurkan kredit mobil bagi masyarakat. Pihak perbankan memperhitungkan secara detail pendapatan dan pengeluaran calon kreditor. Sementara Agen pembiayaan biasanya merupakan lembaga keuangan yang bekerja sama dengan perusahaan otomotif.

Plih jenis mobil sesuai kebutuhan kita
Jangan memilih jenis mobil hanya karena mementingkan gaya hidup (prestige). Memilih jenis mobil sesuai kebutuhan akan lebih bermanfaat dan tidak membebani finansial Anda. Karena pabrikan mobil, memproduksi suatu mobil tentu memiliki fungsi dan tujuan masing-masing, pertimbangkanlah dengan matang jenis mobil yang menjadi kebutuhan Anda. Seperti aktifitas yang Anda lakukan, kondisi infrastruktur jalan yang akan dilalui, jumlah penumpang atau barang yang akan diangkut dan sebagainya.

Memperhitungkan DP (uang muka) dan besaran angsuran
Bagi pihak perbankan pencairan DP (uang muka) sebagi suatu bukti keseriusan konsumen dalam mengambil kredit kendaraan. Jika Anda sudah mengeluarkan DP, maka Anda sudah menyanggupi besaran angsuran setuiap bulan yang telah ditentukan. Sebelum Anda menyanggupi akad pembayaran DP, dan besaran angsuran setiap bulanya alangkah baiknya bila Anda menghitung dept ratio pendapatan Anda. Jangan sampai dept ratio angsuran melebihi 30% dari pendapatan Anda. Dengan memperhitungkan hal ini maka akan memudahkan Anda dalam memanage (mengatur) keuangan Anda.

Jenis asuransi yang didapatkan
Seperti yang kita ketahui bersama ada dua jjenios asuransi yang biasa ditawarkan, asuransi All risk dan Taotal loss only (TLO). Asuransi jenis All risk sangat diminati oleh kreditor karena mencakup resiko lebih yang luas. Kendaraan Anda akan terlindungi dari segal resiko kecelakaan, huru-hara, pencurian kendaraan maupun terjadi bencana alam. Sementara asuransi jenis Total loss only (TLO)  hanya melindungi Anda dari resiko kehilangan kendaraan karena pencurian dengan masa perlindungan sampaim 12 tahun.

Dengan memahami, mempelajari tatacara kredit kendaraan bermotor terlebih dahulu, sangat bermanfaat bagi Anda untuk menentukan jenis kendaraan yang anda butuhkan, pihak perbankan atau leasing yang kredibel dan mengatur finansial Anda agar dikemudian hari tidak mengalami kesulitan dalam mengangsur setiap bulanya.
  

No comments:

Post a Comment