Friday 17 April 2015

Sumur Jalatunda Penghubung Dunia Astral

Sumur Jalatunda penghubung dunia astral. Sumur Jalatunda terletak disebelah barat pegunungan Dieng, atau sekitar 7 Km dari komplek candi Arjuna. Sumur Jalatunda adalah sumur raksasa dengan diameter hampir 90 M dan kedalaman yang belum bisa dipastikan. Sumur Jalatunda terbentuk akibat letusan gunung berapi raksasa ratusan tahun yang lalu, atau sumur Jalatunda terbentuk dari kawah mati akibat letusan gunung berapi ratusan tahun yang lalu kemudian membentuk lubang besar dipermukaan tanah dengan diameter 90 M dan kedalaman yang belum bisa ditentukan lalu terisi oleh air hujan dan sumber-sumber air disekitar sumur Jalatunda. Asal-usul nama sumur Jalatunda berasal dari kata jala dan tunda, artinya bagi siapa saja yang mempunyai keinginan dan cita-cita jangan pernah ditunda-tunda dan segera dilaksanakan agar keinginan, cita-cita dan harapan itu segera terwujud.

Menurut cerita yang beredar dikalangan masyarakat Dieng, sumur Jalatunda merupakan pintu masuk penghubung dunia astral atau ghaib. Konon ceritanya dibawah sumur Jalatunda terdapat kerajaan ghaib yang terhubung dengan kerajaan ghaib Nyi Roro Kidul pantai selatan Jawa. Konon Nyi Roro Kidul sering pergi ke dataran tinggi Dieng untuk bermusyawarah dengan leluhur-leluhur Dieng melalui pintu ghaib sumur Jalatunda. Namun versi lain juga menyebutkan bahwa sumur Jalatunda terbentuk akibat pijakan kaki Bhima (tokoh dalam pewayangan Pendawa Lima) yang sedang marah lalu menancapkan kakinya ketanah dan terbentuklah kubangan raksasa sumur Jalatunda. Secara kebetulan atau tidak, didekat obyek wisata sumur Jalatunda juga terdapat obyek wisata kawah Cndradimuka yang terkenal dengan semburan air panas setinggi 50-100 Cm. Kawah Candradimuka dalam cerita pewayangan dikenal sebagai tempat bertapa Raden Gatotkaca untuk mengasah kesaktianya.
Namun terlepas dari cerita dan mitos yang beredar secara turun-temurun, obyek wisata sumur Jalatunda menyuguhkan eksotisme panorama alam yang mengesankan berupa barisan bukit-bukit kecil menghijau dan ladang-ladang tanaman kentang tumbuh subur dilokasi ini.

No comments:

Post a Comment