Friday 17 April 2015

Sunrise Bukit Sikunir Pesan Damai Lembah Dieng

Sunrise bukit Sikunir pesan damai lembah Dieng. Bukit sikunir merupakan salahsatu perbukitan yang mengelilingi dataran tinggi pegunungan Dieng, bukit Sikunir terletak di desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Desa Sembungan adalah desa tertinggi di Jawa Tengah atau bahkan dipulau Jawa dengan ketinggian mencapai 2300 M diatas permukaan air laut (DPL). Dibawah bukit Sikunir terdapat telaga kecil yang indah dan masih alami, telaga itu oleh penduduk setempat disebut telaga Cebong. Disebut telaga Cebong karena bentuk telaga ini menyerupai kecebong, konon dahulu ada banyak kecebong ditelaga ini.

Bagi Anda yang datang dari luar kota dan membutuhkan penginapan, penduduk desa Sembungan juga banyak yang menyediakan Home stay (semacam tempat tinggal sementara) dengan biaya yang cukup murah tentunya. Atau bila Anda sampai di desa Sembungan menjelang Shubuh, Anda bisa parkir di lapangan pinggir telaga Cebong, kemudian Anda akan dihadapkan jalan setapak terjal menanjak menuju puncak bukit Sikunir. Bagi seorang pemula dibutuhkan waktu sekitar 60-90 menit diwaktu shubuh untuk sampai puncak bukit Sikunir, lokasi strategis penyambutan sunrise. Setelah sampai dipuncak lihatlah kearah timur, deretan pegunungan Sindoro, Soembing, Merapi, Merbabu dan Ungaran menjulang tinggi, gagah perkasa. Deretan pegunungan berapi itu nampak cantik, indah dan mempesona. Sementara itu bila kita melihat kearah barat tampak deretan pegunungan Slamet yang masih aktif, yang menjadi pusat perbatasan Kabupaten Banyumas. Purbalingga, Pemalang dan Tegal kokoh berdiri, tegak lurus laksana raksasa besar dan berwibawa. Langit yang tampak gelap perlahan tapi pasti berganti menjadi warna putih, biru dan jingga. Tak berselang beberapa lama sang surya dengan malu-malu mengintip dibalik celah gunung Sindoro, menyapa dan menyambut dengan salam hangat, tapi tidak cukup untuk mengusir dinginnya udara Dieng. Angin dingin sepoi-sepoi khas dataran tinggi pegunungan Dieng membuat tubuh kami kembali menggigil kedinginan.

Namun terlepas dari itu semua, sunrise bukit Sikunir merupakan fenomena keindahan alam terbaik dan terindah yang pernah saya saksikan. Seiring pagi berlalu, kabut perlahan mulai sirna dan menghilang dari pandangan dan detail dari pegunungan Sindoro, Soembing, Merapi, Merbabu, dan Ungaran tampak jelas membuat decak kagum dan memanjakan mata siapa saja yang memandang. Luar biasa, tempat ini sangat eksotis dan mengagumkan. Perjalanan berat dipagi ini ditambah udara dingin yang menusuk tulang terbayar lunas menikmati keindahan sunrise bukit Sikunir

No comments:

Post a Comment