Monday 13 April 2015

Perpaduan Kontras Kawah Sikidang

Perpaduan kontras kawah sikidang. Kawah sikidang terletak di lembah Dieng, desa Dieng kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kwah sikidang paling populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara karena letaknya yang strategis dan mudah dijangkau. Menurut penelitian dari badan pusat volcanologi meterologi dan geofisika (PVMG) kawah Sikidang memiliki dapur magma didalam perut bumi. Dapur magma ini menghasilkan hawa panas dan energi dengan tekanan yang sangat kuat. Apabila tekanan ini sampai mencapai batas-batas puncaknya, maka akan terjadi letusan dan terbentuk kawah baru.

Kawah ini menjadi populer karena lubang keluarnya gas dari perut bumi selalu berpindah-pindah sepeti binatang Kidang (Kijang) yang suka meloncat-loncat kesana-kemari sehingga penduduk setempat menamakanya kawah Sikidang. Kawah Sikidang menawarkan kesan dan suasana lain bagi pariwisata di dataran tinggi pegunungan Dieng. Udara dingin yang menusuk tulang, bukit-bukit yang menghijau laksana permadani maha luas sekejap lenyap dari pandangan bila kita memasuki kawasan kawah Sikidang, yang terlihat justru pemandangan kontras beupa tanah perbukitan kering nan tandus. Dari bibir kawah terlihat asap putih yang terus mengepul dan menebarkan bau belerang yang menusuk hidung, pagar yang terbuat dari bambu dibangun mengelilingi bibir kawah untuk keselamatan pengunjung, dari dalam kolam kawah terlihat air bercampur dengan lumpur, gas dan belerang berwarna gelap, bergerak kesana-kemari, terus menggelegar disertai asap putih yang terus mengepul dan menimbulkan bau belerang yang menyengat. Konon ceitanya kawah Sikidang ini memiliki suhu diatas 100 derajat celcius.

Bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung ke obyek wisata ini diharuskan berhati-hati bila memasuki kawasan kawah Sikidang. Karena struktur tanah disini sangat labil, rapuh dan mudah longsor bila terkena pijakan kaki.itu semua disebabkan hawa panas dari dapur magma yang terus bergejolak kepermukaan tanah dan mengeluarkan air bercampur lumpur, gas dan belerang.

No comments:

Post a Comment