Thursday 19 March 2015

Ki Ageng Wonosobo Pangeran Majapahit

Ki Ageng Wonosobo Pangeran Majapahit. Ki Ageng Wonosobo atau nama aslinya Syeikh Ngabdullah atau Raden Dukuh atau di desa Wonosobo,Plobangan dikenal dengan nama Ki Wanuseba adalah seorang pangeran dari kerajaan Majapahit. Ki Ageng Wonosobo diyakini sebagai seorang Waliullah yang telah melalang buana keberbagai daerah dalam rangka syiar islam. Beliau juga dikenal sosok yang karismatik, berwibawa juga mumpuni dalam ilmu pemerintahan.
Silsilah dari Ki Ageng Wonosobo, bermula dari Prabu Brawijaya V Majapahit mempunyai putra Raden Bondan Kejawan yang menikah dengan Dewi Nawangsih putri Ki Jaka Tarub. dari penikahan itu melahirkan tiga orang putra-putri , dimana ketiga putra-putri Beliau menjadi tokoh masyarakat dan ulama yang menyebarkan agamaislam didaerahnya masing-masing.

Ki Ageng Wonosobo, menyebarkan agama islam di Wonosobo.
Ki Ageng Getas Pendowo, menyebarkan islam didaerah Grobogan
Nyai Ageng Ngerang, menyebarkan islam didaerah Tambak romo, Pati.
Salah seorang keturunan dari Ki Ageng Wonosobo, Ki Juru Martani juga turut serta mendirikan kerajaaan Mataram islam. Ki Juru  Martani bersama dengan Ki Ageng Pamanahan, Ki Panjawi dan Panembahan Senopati mendirikan kerajan Mataram islam yang berpusat di Yogyakarta.

Panembahan Senopati diangkat sebagai Raja dan Ki Juru Martani dipercaya sebagai Maha patih, karena Beliau ahli dalam strategi  perang dan mumpuni dalam ilmu pemerintahan.
Hingga kini situs makam Ki ageng Wonosobo yang berlokasi di desa Wonosobo, Plobangan, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo terus dilestarikan, dijaga, dirawat dan dihormati oleh warga setempat serta banyak diziarahi oleh alim ulama dari berbagai daerah.

No comments:

Post a Comment