Monday 23 March 2015

Telaga Menjer Keindahan Berbalut Kedamaian

Telaga Menjer keindahan berbalut kedamaian. Telaga Menjer terletak didusun Maron, desa Menjer, kecamatan Garung, kabupaten Wonosobo. Telaga Menjer terbentuk akubat letusan vulkanik gunung Pakuwaja. Awalnya mata air di Telaga Menjer hanyalah beberapa mata air kecil disekitar Telaga Menjer dan curah hujan. Hingga pada masa penjajahan Belanda berniat membuat pembangkit listrik tenaga air (PLTA) untuk memenuhi kebutuhan listrik di Wonosobo bagian utara. Maka dibendunglah sebagian sungai Serayu yang berada didesa Jengkol, melalui terowongan bawah tanah sepanjang 7 Km untuk dialirkan ke Telaga Menjer. Untuk mengalirkan nair dari Telaga menjer menuju PLTA dibendung sebagian telaga dan dibawahnya dipasangi pipa dengan diameter 3m menuju PLTA.

Telaga Menjer yang berada diketinggian 1300 meter dari permukaan air laut, dengan luas 70 Ha dan kedalaman 45 m terdapat pepohonan pinus disekitar telaga yang rimbun dan menghijau, bukit-bukit yang memagari telaga laksana permadani maha luas nan elok, udara yang sejuk dan suasana alam pedesaan yang asri membuat siapa saja ingin berlama-lama tinggal disana. Lokasi ini sangat cocok untuk melepas penat, menyegarkan fikiran dan mendamaikan hati siapa saja yang memandang.

Wisata Telaga Menjer juga menyediakan jasa prahu-prahu kecil, diperuntukan bagi Anda yang ingin mengelilingi sudut-sudut telaga menjer yang alami menggunakan prahu. Selain itu Telaga Menjer juga dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk menambah penghasilan dengan membudidayakan perikanaan tawar. 

No comments:

Post a Comment