Monday 30 March 2015

Buah Pisang Dan Kandungan Gizi

Buah pisang dan kandungan gizi. Buah pisang adalah tanaman yang hidup didaerah yang beriklim tropis. Buah pisang diyakini berasal dari Amerika tengah. Konon ketika baru diketemukan buah pisang menjadi makanan mewah yang dikususkan bagi Raja-raja dan kaum bangsawan di Eropa. Kini seiring dengan perkembangan zaman dan semakin banyak negara-negara yang mengembangkan tanaman pisang, buah pisang bukan menjadi makanan yang mewah lagi dan sudah menjadi konsumsi rakyat sehari-hari.

Buah pisang merupakan salah satu sumber terpenting untuk mensuply gizi bagi tubuh manusia, karena didalam  buah pisang terkandung zat-zat yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Bahkan kalangan ahli kesehatan mengatakan bahwa buah pisang merupakan buah dengan kandungan nutrisi terlengkap nomer satu. Selain mengandung karbohidrat sebagai sumber tenaga, buah pisang juga mengandung kalium yang dapat membatasi naiknya tekanan darah dalam tubuh. Buah pisang juga sudah teruji mengandung vitamin A, B dan C. Bahkan satu buah pisang dipercaya dapat memenuhi seperempat vitamin C bagi anak kecil. Artinya. setiap hari anak-anak kecil cukup mengkonsumsi empat buah pisang untuk mencukupi kebutuhan vitamin C. Buah pisang juga mengandung zat gula alami dan bebas kolestrol sehingga mengkonsumsi buah pisang setiap hari tidak menyebabkan kegemukan karena tidak mengandung kolestrol.

Jadi buah pisang sangat banyak kandungan gizinya terdiri dar Karbohidrat, lemak, protein, serat, mineral dan vitamin yang kesemuanya sangat bermanfaat bagi manusia. Dengan mengkonsumsi buah pisang setiap hari, sudah mencukupi gizi minimal yang diperlukan tubuh manusia. 

No comments:

Post a Comment