Monday 30 March 2015

Al Khawarizmi Persembahan Ilmu Astronomi Dan Geografi

Al Khawarizmi persembahan ilmu Astronomi dan Geografi. Al Khawarizmi lahir di Uzbekistan, jauh-jauh hari sebelum tentara Uni Soviet menganeksasi Uzbekistan pada tahun 1837. Pada masa itu Uzbekistan tumbuh dan berkembang menjadi negara islam yang penduduknya hidup makmur. Kemudian Al Khawarizmi dan orang tuanya pindah ke Baghdad, Irak pada masa pemerintahan Khalifah Makmun Al Rasyid (813-833). Kota Baghdad yang waktu itu tumbuh dan berkembang  sebagai pusat kajian ilmu pengetahuan dunia, ternyata sangat tepat untuk mendukung proses belajar-mengajar bagi Al Khawarizmi.

Di kota Baghdad ini pula Al Khawarizmi memulai berexperiment atau uji coba terhadap temuan-temuanya yang brilian dibidang Astronomi (ilmu perbintangan). Kemudian Beliau menerbitkan buku yang berjudul Zij as sindhind. Buku ini berisi tentang ilmu perhitungan penanggalan, perhitungan tata letak matahari, bulan dan planet-planet secara benar. Buku ini juga berisi tentang peredaran benda-benda angkasa, astrologi, perhitungan gerhana bulan dan matahari. Dibawah pemerintahan Khalifah Makmun Al Rasyid yang membuka ruang selebar-lebarnya bagi para ilmuwan untuk mengembangkan keilmuanya tidak disiasiakan oleh Al Khawarizmi untuk mengembangkan disiplin ilmu Geografi. Pada disiplin ilmu Geografi Al Khawarizmi banyak membantah pendapat-pendapat dari ptolemaois (filusuf Yunani) yang mengatakan bentuk bumi tidaklah bulat. Untuk membuktikan pendapatnya Al Khawarizmi menerbitkan sebuah buku yang berjudul Surat al ard (bentuk bumi) dan membuat Globe (bola dunia ) pertama. Buku surat al ard berisi tentan bagian-bagian belahan bumi yang dihuni oleh manusia.

Pada perjalanan sejarah berikutnya karya-karya Al Khawarizmi yang brilian banyak diterjemahkan dalam bahasa Latin, Spanyol maupun Inggris sehingga tidaklah mengherankan bila dikemudian hari para ilmuan-ilmuan barat lebih menguasai dalam mengadopsi teori-teori yang dikembangkan ilmuan-ilmuan islam pada zamanya.

No comments:

Post a Comment